Jumat, 15 Agustus 2014

Jalan jalan ke Gua Ciwadon Jonggol



Gua Ciwadon, yang terletak di perbukitan Cibodas, Kec. Jonggol Kab. Bogor, merupakan goa karst alami. Dari pusat kota Jonggol dapat ditempuh selama 30 menit menggunakan kendaraan roda 4. Kualitas jalan juga sudah bagus, hanya sekitar 1 km terakhir menjelang gua yang harus melewati jalan berbatu. Untuk mencapai mulut gua dari tempat parkir ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit.


Goa ini memiliki pintu masuk yang unik karena berada di bawah pohon yang besar. Jalan didalam gua dari mulut goa sampai dengan dasar cenderung menurun. Sehingga kita akan membutuhkan tenaga lebih saat mau keluar dari gua. Lantai gua dipenuhi dengan guano (kotoran kelelawar) yang lumayan bau. Semakin ke dalam tumpukan guano akan semakin tebal, tetapi pada bagian terdalam dari gua tersebut ada 2 lubang di atas gua, jadi sirkulasi udara menjadi lebih baik. Kelembaban udara didalam gua juga tinggi, ditambah dengan bau guano yang menyengat akan menjadi perpaduan yang buruk bagi penderita asma.

Seperti juga dibanyak tempat di Indonesia yang sudah banyak dikunjungi, gua ini juga banyk terdapat grafiti hasil tangan-tangan pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Melalui tulisan ini saya memohon kepada pengunjung tempat-tempat eksotis yang tersebar di seluruh Indonesia supaya tidak membuat kotor tempat-tempat tersebut.

Beberapa foto dari kunjungan kami, beberapa guru dan siswa SKK Kanaan Cianjur:

Suasana di dalam gua

Mulut gua dilihat dari dalam

Bagian dalam gua

Gerombolan kelelawar 

The Team

The Team

The Team

Main dulu di sungai

Main di sungai

Suasana di sekitar bukit Cibodas

Tag: jalan jalan ke gua ciwadon, gua ciwadon jonggol, gua ciwadon kanaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar