Senin, 29 November 2021

GMS di Perangkat Huawei

Bererapa tahun belakangan ini, Huawei dilarang untuk menggunakan fasilitas dari GMS. GMS atau Google Mobile Service adalah kumpulan aplikasi berpemilik dan layanan antarmuka pemrograman aplikasi dari Google yang biasanya telah diinstal sebelumnya pada perangkat Android, seperti ponsel cerdas, tablet, dan TV pintar (Wikipedia). Dengan adanya larangan ini, maka Huawei mengembangkan Huawei Mobile Service dan juga mengembangkan OS mereka sendiri.

Di perangkat yang saya gunakan, yaitu Huawei Matepad T10 Kids Edition pun demikian. Sudah tidak ada lagi GMS yang berguna untuk mendukung pembelajaran anak saya. Saya membeli tablet ini untuk mendukung aktifitas belajar anak saya dan juga karena saya suka dengan fitur Kids Mode yang ada didalamnya karena orang tua bisa mengatur aplikasi yang bisa dan boleh dipakai oleh anak saya. Mengapa saya memilih perangkat ini dibandingkan perangkat yang lain akan saya tulis di lain waktu. Kebetulan anak saya ada di jenjang TK besar, dan sekolahnya menggunakan pembelajaran daring untuk kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Selain itu, sekolah juga menggunakan aplikasi di perangkat mobile untuk berhubungan dengan murid dan orang tua. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store maupun Apple Store.

KISS Kanaan Schools

Aplikasi ini hanya bisa berjalan di perangkat Android dengan GMS, sedangkan perangkat Huawei belum dapat menggunakannya.

Disini saya akan memberikan tips bagi pengguna perangkat Huawei supaya dapat menggunakan GMS yang banyak digunakan oleh pengembang aplikasi untuk digunakan sebagai syarat penggunaan aplikasi mereka.

Langsung saja, pertama kita harus masuk ke website hardreset.info 

hardreset.info

Kemudian kita menuju ke Tab DOWNLOAD 


Kita ketikkan di kolom SEARCH "Dual Space", kemudian unduh aplikasi tersebut.


Setelah itu kita instal aplikasi Dual Space nya. Dan di layar akan muncul ikon Dual Space


Selanjutnya kita ikutin saja semua prosesnya, kemudia kita akan masuk ke Google Play dan kita harus login dengan akun GMail yang kita punya.


Setelah itu kita bebas mengunduh aplikasi yang kita butuhkan


Aplikasi yang sudah saya install antara lain KISS Kanaan Schools, Roblox, Youtube dan Music Youtube. Semua aplikasi tersebut membutuhkan GMS untuk menjalankannya dan saya berhasil menggunakannya untuk keseharian saya. Semoga tutorial ini bermanfaat. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar